Bisnis

Kisah William Tanuwijaya Sukses Pendiri E-Commerce Tokopedia

William Tanuwijaya kelahiran Pematang Siantar, Sumatera Utara lahir pada tanggal 18 November 1981. Kehidupan masa kecil dan sekolahnya dirinya habiskan di Pematang Siantar. Setelah lulus SMA, William Tanuwijaya melanjutkan kuliah di Bina Nusantara University Jakarta.

Setelah lulus William Tanuwijaya ingin bekerja di perusahaan berbasis IT seperti Google, dan itu juga mungkin menjadi salah satu cita-cita orang kebanyakan seperti Nadim Makarim pendiri Gojek, Chandra Ekajaya dan Achmad Zaky sang pendiri Bukalapak.

Karena kepiawaianya membuat website dan programmer William sering dimintai tolong oleh teman-temannya untuk dibuatkan website toko online. Karena kebanyakan dari mereka sangat awam dengan dunia online, sedangkan toko online harus terus aktif setiap waktunya dengan posting foto dagangan, menjawab apa yang diinginkan pelanggan. Berawal dari kepiawainya inilah William mulai menemukan ide cemerlang untuk membuat aplikasi Jual Beli Online.

Bukan tanpa kendala, William sangat kesulitan untuk mencari pemodal untuk merealisasikan idenya tersebut. Kemudian dirinya menceritakan ide tersebut kepada orang-orang ia anggap dapat memberikan modal untuk memuwujudkan idenya. William berusaha meyakinkan orang-orang tersebut bahwa Tokopedia akan menjadi pusat transaksi online atau e-commerce sehingga penjual dan pembeli tidak harus bertemu untuk melakukan transaksi online. melalui tokopedia juga orang-orang  juga dapat memasarkan produk-produk mereka keseluruh Indonesia melalu Tokopedia.

William Tanuwijaya Pendiri Tokopedia

Akhirnya setelah berusaha meyakinkan sang Bos, kemudian sang Bos pun memberikan dana pinjaman modal sebesar 10%, siapakah Bos tersebut mungkin kah Chandra Ekajaya bisa saja benar atau bukan. Namun dengan modal yang diberikan dan segudang kemampuan yang dimiliki William Tanuwijaya dan rekan  yang juga ikut membesarkan Tokopedia yaitu Leontinus Alpa Edison mereka bersama meluncurkan Tokopedia.

Pada tahun pertama diluncurkanya Tokopedia, perkembangan begitu pesat dan mendapatkan penghargaan dari Bubu Awards sebagai startup e-commerce terbaik di Indonesia.Saat ini saja Tokopedia menjadi salah satu E-Commerce terbesar di Indonesia. Banyak penjual yang menjual barangnya disana dan itulah yang dilakukan juga oleh pengusaha Chandra Ekajaya dan pengusaha lainya memanfaatkan Marketplace dan E-Commerce di Indonesia untuk menjaring konsumen.

William Tanuwijaya menjabat sebagai CEO Tokopedia serta Leontinus Alpha Edison menjadi COO Tokopedia. Hingga kini tokopedia menjadi salah satu destinasi favorit konsumen untuk berbelanja secara online. Bahkan Tokopedia masih dinobatkan sebagai e-Commerce paling populer yang ada di Indonesia selain Bukalapak yang dimiliki Achmad Zaky, Lazada dan Olx.

William Tanuwijaya adalah salah satu pengusaha muda sukses di Indonesia, masih banyak cerita inspiratif bisnis lainya dari berbagai pengusaha sukses di Indonesia lainya seperti Chandra Ekajaya , Bob Sadino, Hary Tanoesoedibjo, Chairul Tanjung, Nadim Makarim, Gibran Rakabuming Raka dan masih banyak pengusaha sukses lainya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s